Sebuah Catatan anak malas

8.9.10

menghidupkan kembali suasana lebaran

tahun kedua aku lebaran di cikarang. seperti lebaran sebelumnya tapi ada yg beda dg lebaran kali ini. tahun ini suasana lebaran mulai masuk ke hatiku tidak seperti lebaran tahun lalu karena lebaran ini aku benar2 ga mudik. jadi aku selalu berdoa supaya suasana lebaran masih bisa kurasakan walaupun aku tidak di rumahku sendiri. meski terlihat seperti anak durhaka karena tidak kumpul waktu lebaran tapi inilah yang terjadi.



kalo di lihat memang badung sih aku. ga mudik ga ngumpul ga silaturahmi ke keluarga yg lain. tapi apakah ukuran lebaran itu selalu ngumpul di rumah? mungkin sebagian besar dari kita pasti mengiyakan hal tsb yg bahkan sampe susah payah dia rela sekuat tenaga buat mudik meskipun dengan ngutang. bagiku lebaran adalah saat kita kembai ke fitrah kita kembali ke awal mula. bukan hanya dengan mudik terus ngumpul bareng hambur2in duit terus temu kangen. aku lebih suka pulang kampung pas hari2 biasa karena pas waktu itu aku bisa lebih lama dan lebih dalam lagi kumpul dengan orang tuaku.

jika kita ukur pake duit(gayanya kita matre :D) untuk pulkam minimal 500rb PP itu blm termasuk oleh2(minimal 100rb), sodakoh buat sanak family(nah ini paling bnyak mgkin bisa nyampe 200rb ), transport di rumah dg mondar-mandir, temu kangen ma temen2, dll yg semua nya itu mgkin lebih dari 1jt. uang yg terlalu mahal buat aku secara gajiku standar2 aja. mungkin ada yg langsung mengomentari "dasar mata duitan, pelit dll" tapi memilih untuk diam. dalam hati aku berpikir kalo hari biasa PP 180rb, oleh2 ga nyampe 50rb udah dpt bnyak, sodakoh ma family bisa ki naikin jadi 300rb. nah sisanya buat orang tua kita tercinta. sebenarnya aku cuma terlalu memberatkan ke sodakoh ke family dan ke orang tua. tujuanku hanya membahagiakan orang tuaku walaupun hanya sekedar menyumbang materi karena jujur untuk selain materi aku masih belum tau caranya. dan moment lebaran bukan moment antara manusia dg manusia tapi manusia dg ALLAH, daripada aku buang2 duit yg banyak tapi tak sebanding dengan kenikmatan yg ku peroleh lebih baik di sini merenungi 1th kemren. mencoba lebih mendekatkan diri kepada ALLAH.

Minal Aidin wal faidzin Mohon maaf lahir batin.
jikalah kalau bisa semoga abis lebaran ini tidak akan lagi pernah terucap kata maaf dan memaafkan, semua saling berpikir dulu baru bertindak sehingga tidak ada yg tersakiti dan yg menyakiti. amin.

salam

1 komentar:

  1. maaf yah jika ada kata yg SARA, jujur bukan maksudku begitu. :)

    BalasHapus

Komentarnya