Sebuah Catatan anak malas

31.8.10

Selection Sort

setelah proyek Buble Sort gagal kini saya mencoba Selection Sort. Selection sort adalah teknik pengurutan dg pemilihan atau proses kerja dg memilih elemen data terkecil untuk kemudian di bandingkan dan di tukarkan dg elemen pada data awal, dst s/d seluruh elemen sehingga akan menghasilkan pola data yg telah di sort.

Prinsip kerjanya adalah sbb;
  1. pengecekan di mulai dari data ke-1 s/d data ke-n
  2. tentukan bilangan dg index terkecil dari data bilangan tsb
  3. tukar bilangan dg index terkecil tsb dg bilangan pertama(I = 1) dari data bilangan tsb
  4. lakukan 2 dan 3 untuk bilangan berikutnya (I = I+1 atau I++) sampai di dptkan urutan yg optimal.
untuk contoh kasusnya ga bisa saya tulis karena cukup banyak dan saya kira rekan2 sudah lebih tau daripada saya. ok sekarang kita coba rubah konsep selection sort ke dalam listing program di cpp. menurut saya programnya begini
===========================
#include"iostream.h"
#include"conio.h"
#include"stdio.h"
main()
{
int x,y,temp,index_of_min, n=5;
int array[5] ={ 7,6,9,13,12 };
clrscr();
for(int x=0; x {
int index_of_min = x;
for(int y=x; y {
if(array[index_of_min] > array[y])
{
index_of_min = y;
}
}
int temp = array[x];
array[x] = array[index_of_min];
array[index_of_min] = temp;
cout< }
getch();
}

begitulah kira2 kalo di buat listing program cpp. mohon maaf jika ada kesalahan.

1 komentar:

Komentarnya