Sebuah Catatan anak malas

13.9.10

Jaringan Komputer (tentang Networking)

Sekedar untuk merefresh ilmu yg tua yg sudah lama "kesanya lama bgt ga dibahas" dan hampir hilang dari otak. memang setelah sekian lama ini aku mulai kehilangan jiwa networkingku ga tau disebabkan oleh apa, mungkin karena males "tentunya" dan jg mngkin krena materi kuliah yg ga menyinggung sedikitpun ke networking :( . waduh malah curhat nih tpi lumayanlah bisa buat nambah2in kata biar kelihatan materinya banyak dan berbobot :)) .

ok kita langsung ke materi. jaringan komputer itu apa? ehm mungkin sebagian dari kita mempunyai persepsi bahwa jaringan komputer itu adalah struktur jaringan di dalam komputer, ini betul bos. sebagian org lagi mgkin mempunnyai angggapan jaringan komputer adalah hubungan antara komputer 1 dg komputer yg lainya, ini jg bnar. nah lho gimana critanya satu istilah beda makna. nah itulah uniknya ilmu ini.. :)) disini saya coba membahas masalah malasah jaringan komputer dari komputer 1 ke komputer lainnya. jadi inti dari ilmu ini adalah bagaimana satu komputer tsb bisa terhubung ke komputer yg lainnya dan bisa saling berkomunikasi. jika dilihat mungkin ilmu ini terlihat ilmu yg terlalu sederhana untuk di pelajari tapi kalo menurut saya bukan sederhana tapi sangat sederhana :) yg dibutuhkan untuk mempelajari ini adalah memahaminya dari teori trus di terapkan ke praktek. tanpa panjang lebar kita coba cari apalagi yg bisa di pelajari.

sebuah hubungan tidak akan berjalan jika tidak ada bahan dan alatnya, right :), bahan yg di butuhkan antara lain
  • komputer ato biasa disebut PC --> "ini yg plg ptg"
  • kabel lan+konektor
  • ilmu jaringan
nah utk alatnya cukup cramping tool. itu aja dlu utk alat dan bahanya, ntar kalo udah naik level baru kita tambah lagi. :D

kita coba bahas satu2, KOMPUTER ATAU PC , kalau yg ini ngga usah di jelasin lgi tentu udah pada tau :) disini fungsi dari PC ini untuk tranceiver(pengirim) sekaligus receiver(penerima) sinyal data ke dan dari komputer lainnya. lanjut ke kabel lan dan konektor.
sebuah hubungan tak mungkin terjalin tanpa ada media yg menghubungkannya. memang ini tak bisa di pungkiri :D begitu pula untuk jaringan komputer ini, untuk bisa saling berhubungan dibutuhkan media. media yg dapat digunakan antara lain
  • Kabel, ini paling sering digunakan dan pling lazim digunakan.
  • Wireless atau tanpa kabel, ini yg sedang berkembang walaupun media ini tdk akan menggantikan media kabel. :D
Kabel ada banyak jenisnya tp kita takan bahas semuanya. kita coba membahas yg lazim di gunakan. kabel lan yg lazim digunakan ada 2 yaitu UTP dan STP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya