Sebuah Catatan anak malas

17.11.09

Satelit

Satelit?? opo kuwi.. yah mungkin banyak orang mempertanyakan hal tsb karena memang sebagian besar masyarakat kita belum tahu apa itu satelit. Ok ga usah pake basa basi lagi karena emang udah basi.. :D

Satelit?? opo kuwi.. yah mungkin banyak orang mempertanyakan hal tsb karena memang sebagian besar masyarakat kita belum tahu apa itu satelit. Ok ga usah pake basa basi lagi karena emang udah basi.. :D

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Bumi mempunyai 1 satelit alam yaitu bulan dan mempunyai ribuan bahkan jutaan mungkin satelit buatan.

kali ini saya akan bahas satelit buatan. khususnya milik Indonesia kita. Lets start-- >

SATELIT2 Indonesia
1. Satelit Telkom
ada 2 satelit yg dimiliki PT telkom saat ini yaitu T1 & T2
2. Staelit Palapa
satelit palapa merupakan satelit milik PT indosat. satelit yg terbaru bernama satelit Palapa D (yg palapa C2 sudah off per tgl 13Nov 2009).

FUNGSI SATELIT
kira2 mengapa ya satelit di buat dan di orbitkan di langit?? jawaban search di google.. :D jadi kurang lebihnya mengapa satelit itu di orbitkan adl karena satelit di fungsikansbg repeater ato Hub on the sky di dalam komunikasi vsat(vsat akan di bahas lain waktu). jadi sederhananya sinyal dari station bumi di terima oleh satelit & kemudian di pancarkan lagi ke station bumi yg lain. untuk lebih detil nya coba aja kuliah ngambl jurusan komunikasi satelit.. :D

BAGIAN-BAGIAN SATELIT
satelit terdiri atas beberapa bagian yg mempunyai nama dan fungsi yg berbeda2
=> TRANSPONDER/XPONDER, yaitu bagian inti satelit. bagian ini bertugas menerima & memancarkan kembali sinyal dari dan ke station bumi. banyaknya xponder ini tergantung pemiliknya. klo di T1 dan T2 ada 24 Xponder terdiri dari 12 Xponder vertical & 12 Xponder Horizontal.
=> System Bahan bakar, setiap alat pasti membutuhkan sumber catu daya supaya bisa beroperasi. begitu juga satelit. klo nama bahan bakarnya saya lupa.. :D ntar deh saya liat catan lagi :)
=> System pengontrol, ini di gunakan utk mengontrol agar satelit tetap di orbit yg di tentukan biar tdk tabrakan dg satelit lain.



sampai ini dulu yah.. sudah ngantuk soalnya.. :D

keep smile in ur life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya