Sebuah Catatan anak malas

17.11.09

Managemen paket @ Linux

Macam-macam manajemen paket pada Linux

1. RPM
2. APT
3. YUM



Berikut macam-macam manajemen paket pada linux


1. RPM

RPM Package Manager (awalnya RedHat Package Manager disingkat RPM) adalah sebuah sistem manajemen paket. Nama RPM mengacu kepada dua hal yaitu format berkas paket perangkat lunak, dan sebuah alat bantu perangkat lunak bebas yang melakukan instalasi, deinstalasi, verifikasi dan kueri paket perangkat lunak dalam format ini.
RPM ditujukan kepada distribusi Linux. Format berkas RPM adalah format dasar dari Linux Standard Base. RPM aslinya dikembangkan oleh Red Hat untuk Red Hat Linux, tetapi sekarang ini digunakan oleh banyak distribusi Linux misal fedora dan redhat tentunya :D. RPM juga telah diadaptasi ke sistem operasi lain seperti Novell Netware.

Untuk menginstalasi paket dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
#rpm -ivh

Untuk menguninstalasi paket dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
#rpm -e

Upgrade paket dilakukan jika anda telah memiliki versi terdahulunya dari suatu paket. Misalnya saya telah memiliki paket gnupg-1.0.0.i386.rpm terinstalasi di komputer saya, sekarang saya ingin memperbaharuinya dengan versi yang lebih baru karena adanya bugs di versi terdahulu, hal ini dapat dilakukan dengan cara :
# rpm -Uvh

Untuk melihat seluruh paket rpm yang terinstalasi di komputer kita dapat dilakukan dengan memberikan perintah query ke RPM sebagai berikut :
# rpm -qa

Jika anda ingin mengetahui informasi mengenai deskripsi suatu paket, siapa yang memaketkannya, dan berbagai informasi lain, dapat dilakukan dengan cara berikut :
# rpm -qi

Ada kalanya anda ingin mengetahui informasi mengenai suatu paket, namun paket tersebut tidak ingin anda instal dulu, apakah hal ini bisa dilakukan dengan RPM ?
Jawabnya adalah "Ya". Caranya adalah tambahkan option "p" sebagai berikut :
# rpm -qipl


2.APT

APT (ADVANCED PACKAGE TOOL) adalah aplikasi manajemen paket yang saat ini digunakan oleh distro berbasis Debian GNU/Linux yang notabene menggunakan paket berjenis .deb. APT sangat handal digunakan dalam memanajemen paket – paket di sistem agar software dependency (ketergantungan) bisa terinstall dengan baik.
Command untuk Instalasi software
# apt-get install nama_software

command untuk menghapus software
# apt-get remove
nama_software


3. YUM

YUM merupakan aplikasi manajemen paket berbasis paket .RPM yang kini digunakan pada distro berbasis Fedora (Dimulai dari Fedora 5). Sama dengan APT, YUM juga mendukung pengambilan paket dari beberapa media seperti CD-ROM, DVD-ROM maupun Internet.
Perintah pada console untuk menginstall aplikasi menggunakan yum adalah :
# yum install

Sedangkan untuk menghapus, menggunakan :
# yum remove


4. YAST

Selain sebagai control center pada distro SuSE, Yast juga berfungsi sebagai manajer paket pada distro SuSE yang berbasis .RPM. Software ini akan membantu anda dalam mengelola paket beserta yang dibutuhkannya dengan mudah. Anda bisa membuka YaST dengan perintah :
# yast2

====================================================================
Mungkin hanya itu dulu yg bisa aku share. dan juga masih banyak yg salah maklum selain masih newbie ini juga hasil dari copas di internet :D. ntar kalo saya sudah pinter baru deh saya update lagi. terimakasih

```allowed```



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya