Sebuah Catatan anak malas

4.1.10

Mengenal Registry

Karena registry seperti otak dari operating system, anda harus sangat berhati-hati ketika hendak melakukan perubahan.
REGISTRY WINDOWS pada dasarnya merupakan database semua setting konfigurasi di dalam operating system windows. Registry berisi profile setiap user yang mempunyai account pada system, informasi semua hardware internal dan eksternal yang terhubung ke komputer, informasi semua aplikasi yang terinstalasi pada operating system, dan rincian semua setting konfigurasi yang dilakukan pada operating system. Supaya lebih efektif dan untuk menghindari dampak buruk yang tidak diinginkan, kita lihat apa yang perlu kita ketahui ketika bekerja dengan registry windows.


karena registry seperti otak dari operating system, anda harus sangat berhati-hati ketika hendak melakukan perubahan.


REGISTRY WINDOWS pada dasarnya merupakan database semua setting konfigurasi di dalam operating system windows. Registry berisi profile setiap user yang mempunyai account pada system, informasi semua hardware internal dan eksternal yang terhubung ke komputer, informasi semua aplikasi yang terinstalasi pada operating system, dan rincian semua setting konfigurasi yang dilakukan pada operating system. Supaya lebih efektif dan untuk menghindari dampak buruk yang tidak diinginkan, kita lihat apa yang perlu kita ketahui ketika bekerja dengan registry windows.


STRUKTUR REGISTRY

registry windows terdiri dari lima bagian utama yang di sebut key, dimana masing-masing berisi informasi tertentu dari operating system. Microsoft juga menyebt kelima bagian itu hive. Setiap bagian hive/key terdiri dari folder-folder berisi file yang di sebut value.

Kelima hive/key tersebut adalah

  • HKEY_CLASSES_ROOT yang berisi informasi jenis file.

  • HKEY_CURRENT_USER yang berisi data user yang sedang logon.

  • HKEY_LOCAL_MACHINE yang berisi informasi semua hardware dan software yang terinstalasi pada komputer.

  • HKEY_USER yang berisi informasi semua user pada operating system.

  • HKEY_CURRENT_CONFIG yang berisi informasi dari semua key lain yang terkait dengan konfigurasi yang sekarang dijalankan.


BACK-UP REGISTRY

Sebelum mengubah registry, anda harus mem-back-up-nya dulu. Dengan demikina jika nanti terjadi kesalahan, anda masih bisa kembali ke keadaan system yang sebelumnya. Untuk mem-back-up registry bisa dilakukan dengan utility back-up windows, membuat restore point, mengekspor key yang ingin diubah dari registry editor.


REGISTRY EDITOR

untuk melihat dan mengubah registry secara manual, anda bisa menggunakan registry editor. Tekan [windows]+[R] untuk membuka kotak dialog Run. Ketik regedit, dan kemudian klik OK. Hati-hati, jangan sampai anda mengubah key atau value yang tidak berhubungan dengan apa yang ingin anda ubah.


FILE REG

Jika anda hanya melakukan perrubahan biasa yan bersifat umum dan tidak ingin mengedit registry secara manual. Buka Google dan cari file REG yang akan melakukan pengeditan untuk anda (pilih website yang reputasinya baik). File REG merupakan file teks khusus yang di ekspor dari Registry Editor yang berisi perintah untuk melakukan pengeditan registry. Anda tinggal mengklik ganda file REG dan otomatis mengimpor pengeditan ke dalam registry. Untuk melakukan perubahan yang tidak bisa dilakukan dari tool yang ada, anda bisa mendownload microsoft tweakUI PowerToy.


MENCARI DI REGISTRY

Jika anda tahu nama key atau value yang ingin diedit, tapi tidak tahu dimana lokasinya, registry editor mempunai tool find. Tekan saja [Control]+[F]. pada kotak dialog find, ketikan nama key atau value yang ingin dicari dan kemudian hilangkan atau centang check box di bagian look at (Key, Values, atau Data) supaya target lebih mudah didapat.


GUNAKAN FAVORITES

Anda bisa menggunakan favorites untuk menghemat waktu dalam mencari key yang diedit sebelumnya. Sama seperti pada internet explorer, favorites pada registry juga bisa digunakan untuk mem-bookmark lokasi dalam hal ini lokasi di dalam registry. Jika key yang sekarang anda ubah nanti akan di ubah lagi, klik menu favorites dan kemudian pilih add to favorites. Selanjutnya anda bisa menggunakan favorites untuk kembali ke key tersebut kapanpun dibutuhkan.


MEMBERSIHKAN REGISTRY

seiring dengan waktu registry bisa di penuhi dengan key dan value kosong dan korup. Memang windows masih tetap berfungsi, tapi hal tersebut bisa membuat registry tidak efisien dan lambat. Microsoft dulu menyediakan tool yang bernama regclean yang didesain khusus untuk menganalisa dan menghapus key dan value yang kosong atau korup. Sayangnya tool tersebut tidak pernah di updatee lagi. Namun sekarang ada Ccleaner. Jika anda ingin mencoba profram shareware, ada registry clean pro, registry mechanic, & TweakcNow RegCleaner.


MEMONITOR AKTIVITAS REGISTRY

ketika menginstalasi aplikasi baru, program instalasi melakukan perubahan ke registry. 'Semua di belakang layar”. Jika anda ingin memonitor perubahan terhadap registry, gunakan regMon yang sekarang digantika oleh proses monitor. Utility freeware ini di desain untuk memonitor registry secara background. RegMon bisa memberikan laporan yang berguna ketika anda sedang menangani masalah registry yang di duga berubungan dengan aplikasi yang baru-baru aja di instalasi.


MEMPERBAIKI REGISTRY YANG KORUP

pengguna lama windows pasti tahu satu key registry yang korup bisa merusak seluruh windowas. Dan jika anda tidak mempunyai keahlian untuk mengedit registry, mempunyai aplikasi yang mempermudah pengeditan registry tentu akan sangat membantu. Memang banyak pembersih yang bisa dibeli, tapi perlu anda tahu ada juga pembersih registry open source. Salah satunya adalah litle Registry Cleaner.

Litle Registry Cleaner(LRC) merupakan salah satu pembersih yang paling andal dan mudah. Penggunaanya tidak hanya terbatas untuk scaning dan perbaikan registry, tapi juga mendeteksi dan menghapus entry yang yang tidak terpakai dan/atau salah, mengontrol aplikasi yang dijalankan ketika booting, menjalankan regedit, mengembalikan registry ke kondisi semula,meng-uninstall aplikasi.

Instalasi LRC sama seperti software pada umumnya. Download file instalasi, klik ganda dan ikuti langkahnya. Setelah instalasi selesaianda akan menemukan entry nya pada menu start. Dari jendela utama anda bisa langsung mengecek registry dengan mengklik scan registry. Scan akan langsung berjalan dan akan melaporkan error yang ditemukan.

Selain membersihkan registry, salah satu fitur terbaik LRC adalah uninstall manager. Mengapa demikin? Itu karena LRC tidak hanya sekedar meng uninstall aplikasi, tetapi juga menghapus semua entry registry yang terkait dengan aplikasi tersebut. Untuk menguninstall suatu aplikasi klik menu tool dan kemudian pilih uninstall manager. Pada jendela yang muncul anda bisa memilih aplikasi, pilih Uninstall dan remove entry. Untuk menguninstall aplikasi, pilih aplikasi kemudian klik uninstall. Untuk menghapus entry registry pilih entry, dan kemudian pilih remove entry.

Jika anda buka start up manager disitu anda akan melihat item yang dijalankan windows ketika booting. Dengan LRC anda bisa mengaturnya dengan mudah. Euntuk menambahkan item baru, klik add untuk membuka kotak dialog New Run Item. Masukan nama, patch file dan argumen yang di perlukan.

Fitur terakhir dari LRC adalah registry restore. Jika anda klik Restore Registry pada jendela utama anda bisa memilih dari daftar registry yang telah disimpan. Setiap kali anda mengecek dan memperbaiki registry LRC mengcopy registry dari registry sehingga anda akan selalu punya cadangan registry yang masih berfungsi. Untuk mengembalikan registry, plih registry yang anda inginkan dan kemudian klik restore.


Source

PCMedia12/2008 hal 80



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya